Setelah beberapa minggu lalu Pro Evolution Soccer 2016 dirilis di versi PC, kami tim GueGamer langsung menjajalnya walaupun kebanyak user reviews-nya mixed di steam dengan hanya 44% menilai positif. Tetapi menurut saya, PES 2016 cukup memuaskan karena ada beberapa fitur baru yang dipasang oleh Konami di PES 2016 ini. Beberapa fitur baru yang patut untuk dicoba adalah cuaca yang dinamis atau berubah sesuai dengan keadaan, kiper memiliki karakteristrik masing-masing dan pergerakan pemain tanpa bola semakin baik dibanding versi PES sebelumnya.

PES 2016 Indonesia

Bukan PES namanya kalo tidak ada unsur persaingan, baik itu persaingan dengan teman (offline mode) ataupun persaingan dengan player PES lainnya di mode multiplayer. Oleh karena itu, tips bermain PES 2016 sangat dibutuhkan untuk bisa mengalahkan rival anda di game bola yang satu ini. Berikut adalah tips-tipsnya:

Sesuaikan konfigurasi kontroller dengan kebiasaan anda
Ini merupakan hal yang sangat penting, apalagi disaat anda bermain PES di rumah teman anda. Karena kebiasaan akan berpengaruh dengan reflek kontrol saat bermain. Misalnya anda menggunakan kontroler XBOX dengan konfigurasi tombol “X” adalah menendang bola, maka anda akan reflek menekan tombol “X” saat ingin menendang bola. Jadi sesuaikan dulu konfigurasi kontrol saat bermain di komputer teman anda agar anda bisa mengeluarkan performa terbaik dalam bermain.

Maksimalkan Frame Per Second
Jika komputer atau laptop kamu memiliki spesifikasi komputer yang rendah dan tidak mencukupi untuk bermain PES 2016, otomatis FPS atau Frame Per Second akan rendah dan mengakibatkan kurangnya rasa nyaman dalam bermain. Dalam bermain PES 2016, disarankan untuk bermain dengan FPS 40 keatas.

Kuasai lini tengah
Sektor tengah merupakan sektor yang sangat berpengaruh dalam game PES 2016. Usahakan para pemain anda menguasai lini tengah, baik itu saat menyerang maupun bertahan. Jika lini tengah sudah dikuasai, maka kita tinggal melakukan variasi-variasi serangan terhadap lawan anda dan berusaha mencetak gol sebanyak mungkin.

Pilih tim dengan stats tinggi
Pakailah tim atau klub sepak bola yang memiliki overall rating yang tinggi, biasanya klub yang memiliki overall rating tinggi adalah klub papan atas dan sudah terkenal. Pemain dengan rating tinggi akan sangat berpengaruh dan memberikan kemudahan di segala kondisi, anda tinggal memaksimalkan performa dan skill dari pemain.

Tambah pengalaman bermain
Semakin lama anda sering bermain PES 2016, maka anda akan semakin memahami teknik-teknik dalam bermain Pro Evolution Soccer 2016. Cobalah tantang teman anda yang paling jago dalam PES 2016 untuk menambah pengalaman atau coba pilih kesulitan yang paling tinggi dalam single-player. Anda juga bisa bermain mode Master League karena ini merupakan mode yang sangat lama dan tidak akan pernah tamat. Menurut saya, tips bermain PES 2016 yang satu ini merupakan tips yang paling ampuh

Latih skill individual
Skill individual sangat diperlukan untuk mengelabui pemain lawan, apalagi jiga kita sedang menggunakan pemain bintang seperi Cristiano Ronaldo atau Messi. Berikut adalah video tutorial skill PES 2016:

Tips bermain PES 2016 tersebut merupakan hasil saling berbagi dan diskusi tim GueGamer, jika anda punya tips yang lebih ampuh silahkan komentar dibawah, Salam Gamer!