Trade atau bertukar item di Dota 2 merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari game tersebut, karena setiap player Dota 2 merasa sangat puas jika menggunakan item yang diinginkannya dan terjadilah perputaran uang di market Steam. Karena maraknya trade item di Dota 2, timbulah oknum-oknum yang ingin mengambil item anda dengan cara yang licik untuk meraih keuntungan. Tapi tenang saja, GueGamer memiliki beberapa tips trade item Dota 2 agar proses trade item pun lancar. Langsung saja, berikut ketiga tipsnya.

tips trade item Dota 2

Tips aman trade item Dota 2

1.Seleksi friend list akun steam kamu

Sebaiknya jangan asal menerima petemanan di Steam dengan akun yang mencurigakan dan tidak dikenal. Karena biasanya para pencuri item akan mengirim message yang berisi link agar anda terperangkap dan item anda bakal menghilang. Anda juga bisa menyeleksi orang yang akan diajak untuk bertukar item, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:

  • Level steam (Lebih besar level kemungkinan menipu semakin kecil, tapi ada juga yang berlevel steam lebih dari 100 menipu. Jadi jangan telalu terobsesi dengan level steam tinggi dan badge yang melimpah)
  • Comment (Lihat komentar orang lain mengenai akun tersebut di profile pagenya)
  • Tanya kepada yang sudah pernah bertukar item dengan orang tersebut

2.Gunakan Jasa Middleman

Middleman atau orang ketiga merupakan salah satu tips trade item dota 2 yang paling aman ketika hendak membeli item dan menjual item. Sesuai namanya, middleman akan menjadi penengah antara dua orang yang akan bertransaksi. Middleman sangat berguna jika ingin membeli item dengan mata uang asli (IDR). Biasanya buyer akan mengirim uangnya terlebih dahulu ke pihak middleman, setelah itu baru item akan dikirim ke buyer dan jika sudah dipastikan itemnya diterima middleman akan meneruskan uangnya kepada seller.

Jasa Middleman ini terkenal di forum Kaskus dengan istilah Rekber atau Escrow. Namun perlu diperhatikan dalam pemilihan pihak middleman. Pilihlah jasa middleman yang sudah memiliki reputasi dan terkenal untuk mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Di Indonesia sudah ada website yang memudahkan antara penjual dan pembeli yang menggunakan metode escrow/middleman, alamatnya websitenya adalah itemku.com.  Itemku.com adalah pasar item digital di Indonesia yang siap menjadi penengah antara seller dan buyer item dari beberapa game seperti Dota 2, CSGO dan lain-lain.

3.Jangan tergiur harga murah

Tidak sedikit kasus di Indonesia penipuan jual item Dota 2 dengan harga yang sangat murah dari harga standarnya, item memang dikirim dan diterima tetapi seminggu kemudian item tersebut ‘disita’ oleh Steam karena si penipu membeli item tersebut dengan uang illegal (uang hasil mencuri).

Demikianlah tiga tips trade item Dota 2, semoga tips-tips tersebut bisa bermanfaat dan semoga tidak ada lagi korban dari berbagai modus penipuan di Dota 2. Salam Gamer.